Senin, 26 Desember 2016

Tugas Kelompok1 Bab 3 (Bagan Alir/Flow Chart)



2.  Bagan Alir (Flow Chart)
Bagan alir (flowchart) merupakan kumpulan dari notasi diagram simbolik yang menunjukkan aliran data dan urutan operasi dalam sistem. Bagan alir (flowchart) merupakan metode teknik analisis yang dipergunakan untuk mendeskripsikan sejumlah aspek dari sistem informasi secara jelas, ringkas dan logis. Sebuah bagan alir akan representasikan grafikal pada suatu sistem yang menggambarkan terjadinya relasi fisik antara entitas kuncinya. Auditor, analis sistem, perancang sistem dan pemrogram, merupakan orang-orang yang paling mengenal notasi ini.

a.  Simbol bagan alir
Notasi yang digunakan untuk membuat bagan alir dapat dibagi menjadi kelompok berikut.
1)  Simbol masukan/keluaran merupakan media yang memberikan input untuk pemrosesan output dari suatu sistem.
2)  Simbol pemrosesan merupakan media yang dipergunakan untuk memproses data atau menunjukkan kapan proses dilakukan secara manual.
3)  Simbol penyimpanan (storage symbols) media ini berfungsi sebagai tepat menyimpan data yang sementara waktu menunggu diproses oleh sistem.
4)  Simbol arus dan lain-lain menunjukkan arus data dan barang mengalir, media ini menjelaskan awal atau akhir sebuah sistem, bagaimana membuat keputusan dan komentar yang dibutuhkan.









Gambar 2.4: Penggunaan simbol untuk diagram alir

b.  Pembuatan bagan alir
Dalam membuat bagan alir digunakan symbol bagan alir, garisan aliran dan variasi yang tepat. Penggunaan symbol pada bagan alir untuk mewakili fungsi-fungsi informasi atau jenis lain dari sistem. Arah aliran direpresentasikan dengan garis yang ditarik diantara symbol. Arah normal dari aliran adalah dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.  Jika  garis aliran terputus karena keterbatasan halaman, symbol penghubung harus digunakan untuk menunjukkan keterputusan tsb. Jika aliran dua arah, dapat ditunjukkan dengan garis tunggal atau ganda, tetapi anak panah harus digunakan untuk menunjukkan arah aliran normal dan arah sebaliknya. Pada gambar 2.5 berikut menunjukkan bentuk bagan alir tentang penyerahan/pelunasan dari pelanggan.
Gambar 2.5: Bagan alir tentang tahapan penyerahan dari pelanggan


c.  Pengelompokan bagan alir
Bagan alir dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu sbb:
1)  Bagan alir sistem, yaitu bagan yang menunjukkan gambaran diagram arus data melalui serangkaian operasional dalam sistem pemrosesan data otomatis. Bagan ini menjelaskan bagaimana data diambil dan ditempatkan dalam sistem, bagaimana proses lanjutan yang terjadi pada data dan output sistem. Aliran pemrosesan digambarkan dengan symbol-simbol yang dihubungkan dengan garis alir. Simbol yang digunakan berupa garis lurus berbentuk tanda panah.






Gambar 2.6: Bagan alir sistem

2)  Bagan alir dokumen, yaitu diagram yang menggambarkan arus dokumen melalui berbaai departemen dan fungsi dalam sebuah organisasi. Bagan alir dokumen, khususnya berguna untuk menganalisis kelengkapan prosedur pengendalian didalam suatu sistem, seperti pemeriksaan internal dan pemisahan fungsi. Bagan alir dokumen serupa dalam hal format dengan bagan alir analitis, tetapi lebih memuat sedikit rincian mengenai fungsi pemrosesan dari setiap entitas yang digambarkan dalam bagan. Simbol yang digunakan dalam bagan ini adalah symbol yang menjelaskan aliran dokumen.



Gambar 2.7: Bagan alir dokumen

3)  Bagan alir program, menunjukkan proses penjelasan yang dibutuhkan oleh auditor memperjelas proses yang dituangkan pada bagan alir sistem. Bagan alir dokumen merupakan bagan  pelengkap dari bagan alir sistem, bagan ini mendukung dan mendeskripsikan logika yang dibuat pada bagan alir sistem.

 
Gambar 2.8: Hubungan antara bagan alir program dan bagan alir sistem

d.  Langkah-langkah mempersiapkan bagan alir (flowchart) sbb:
1)  Perhatikan karakteristik setiap bagian dalam organisasi maupun pihak-pihak luar yang terkait
2)  Cantumkan nama tiap-tiap departemen pada kolom yang sudah disediakan
3)  Buatlah desain bagan alir secara vertical dan horizontal, dengan memulai dari atas diteruskan kearah bawah dan dari kiri ke kanan
4)  Beri awalan dan akhiran yang jelas untuk bagan alir
5)  Gunakan software computer untuk menggambar symbol-simbol yang digunakan serta lengkapi dengan nama yang jelas
6)  Gunakan tanda-tanda yang jelas, misalnya nomor file, garis lurus  diakhiri dengan kepala panah, konektor untuk garis yang bersimpang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar